Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman Dari Kecelakaan Saat Parkir Kendaraan

Kecelakaan yang diakibatkan kurang kehati-hatian saat memarkir mobil sudah sering terjadi. Kecelakaan diakibatan oleh pengemudi mobil yang memarkir kendaraan dengan asal parkir.

Misalnya di tempat yang sudah jelas ada larangan parkir dan tempat-tempat yang memang sangat rawann terjadi kecelakaan. Kecelakaan dapat juga terjadi karena pengemudi mobil berhenti mendadak tanpa memberikan isyarat apapun.

Pengemudi kendaraan harus benar-benar memperhatikan dan mentaati rambu lalu lintas. Jika tidak maka dapat berakibat fatal.

Tiba-tiba berhenti, mengurangi kecepatan di bawah kecepatan minimal, bermanuver mendadak tanpa memberikan isyarat adalah contoh kecil penyebab terjadinya kecelakaan bagi kendaraan yang ada di belakangnya.

Membuka pintu mobil tanpa memperhatikan lalu lintas juga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.


Kecelakaan Lalu Lintas


Kecelakaan lalu lintas seakan sudah menjadi rutinitas dan hal yang umum terjadi di jalan raya. Hal ini disebabkan sangat seringnya terjadi peristiwa kecelakaan di jalan raya.

Kecelakaan-kecelakaan tersebut terjadi tidak hanya karena faktor-faktor infrastruktur, tetapi banyak jga yang disebabkan oleh kecerobohan pengemudi kendaraan.

Sebagai contoh adalah kecelakaan yang terjadi pada Senin, 5 November 2012 lalu. Kecelakaan tersebut memgakibatkan satu pengendara motor meninggal dunia karena menabrak pintu sebuah mobil Mercedes Benz S-Class.

Maut yang menjemput Syafrudin (48 tahun, pengemudi motor) itu sebagai akibat dari kecerobohan pengemudi mobil mewah itu dan penumpangnya.

Pengemudi mobil  Mercedes Benz S-Class tiba-tiba berhenti tanpa isyarat dan di area dilarang Stop pula. Kecerobohan pengemudi tersebut masih ditambah dengan kekuranghati-hatian penumpangnya juga.

Penumpang mobil  Mercedes Benz S-Class ternyata adalah Direktur Mercedes Benz, Claus Weidner. Dia kurang hati-hati saat membuka pintu mobil.

Pada saat yang bersamaan dengan ketika pintu belakang mobil terbuka, sebuah motor lewat. Sehingga malang tak dapat ditolak oleh Syafrudin.


Ia terpental menabrak pintu mobil kemudian jatuh tersungkur menghantam trotoar jalan yang keras. Helm yang dikenakan Syafrudin pun terlepas dan karena kecelakaan itu, Syafrudin meninggal di tempat kejadian.

Tinjauan Kecelakaan


Dilihat dari sudut tata tertib serta etika berlalu lintas, berhenti di area larangan stop dan mendadak pula  jelas merupakan tindakan pelanggaran.

Apalagi tindakan pelanggaran berlalu lintas tersebut mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang.

Beratnya sanksi hukuman yang diberikan kepada si pengemudi dan penyebab kecelakaan akan ditentukan dalam sidang di pengadilan nanti.

Terlepas dari terjadinya kecelakaan sehingga menyebabkan seseorang tewas, berhenti di area yang jelas-jelas dilarang tersebut adalah sebuah pelanggaran. Mestinya siapapun mentaati rambu dan peraturan yang dipasang.

Karena tindakannya yang ceroboh, yaitu berhenti mendadak di area terlarang dan membuka pintu mobil dengan tidak hati-hati maka mereka wajib bertanggung jawab dan menanggung semua konsekuensi dari perbuatan yang dilakukannya.

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan serta para pemakai jalan wajib mentaati peraturan dan undang-undang berlalu lintas yang berlaku.


Saat ini segala peraturan berlalu lintas telah dituangkan dalam Undang-undang Lalu lintas dan Angkutan Jalan Raya (UULAJR) Nomor 22 tahun 2009.

Tips Aman Dari Kecelakaan Saat Berhenti dan Parkir Kendaraan


Ada sedikit tips aman yang dapat dilakukan untuk para pengemudi dan penumpang kendaraan sebagai langkah preventif agar terhindar dari kecelakaan atau menjadi penyebab terjadinya kecalaan saat berhenti dan parkir:

Dengan alasan apapun anda berhak menolak untuk berhenti di area terlarang
  1. Perhatikanlah sekeliling Anda apakah sudah aman dan cukup memungkinkan untuk mengurangi kecepatan. Jika ya maka berikan isyarat kepada pengguna jalan yang lain bahwa Anda akan bermanuver. Jika sudah benar-benar aman dan mungkin maka secara bertahap kurangi kecepatan Anda secara bertahap dengan tidak membahayakan pengguna jalan yang lain.
  2. Jika hendak berhenti maka selalu berhentilah di tempat yang tidak dilarang untuk berhenti atau di tempat yang memang boleh stop
  3. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan kepada pengemudi agar berhenti di tempat yang diperbolehkan serta aman. Untuk alasan apapun, tetap saja Anda tidak diperbolehkan memerintahkan pengemudi berhenti di area terlarangan untuk stop atau di area yang berbahaya. Tunggulah hingga kendaraan benar-benar berhenti secara penuh sebelum Anda membuka pintu mobil
  4. Bila Anda hendak berhenti di bahu jalan yang ramai dan ingin keluar, maka demi keamanan dan menghindari kecelakaan, keluarlah dari pintu satunya yang tidak berada di bahu jalan. Waspadalah dan perhatikan arah depan dan arah belakang Anda sebelum membuka pintu mobil. Selalu pastikan bahwa kedua arah depan dan belakang tersebut benar-benar aman untuk membuka pintu.
  5. Demikianlah tips dan cara aman berhenti dan parkir mobil. Semoga bermanfaat. Silahkan ditambahkan tipsnya jika Anda mempunyai tips yang lain.

Posting Komentar untuk "Tips Aman Dari Kecelakaan Saat Parkir Kendaraan"